Olahraga fisik dan hobi sudah jamak dilakukan banyak orang secara bersama-sama. Seperti yang kini sedang digandrungi sekelompok orang di Surabaya ini. Playon-Mini 4WD, adalah komunitas yang menggabungkan lari sebagai olah fisik dengan kegemaran akan mobil mainan.

“Permainan yang popular di tahun awal 90 –an ini, hingga sekarang tak pernah surut peminat. Terus mengalir dari generasi ke generasi,” terang Rangga Marvel, founder sekaligus Ketua Umum Komunitas Playon-Mini 4WD. Sebelum pandemi menggelinding menerpa negeri, peminatnya lebih pada track balap di dalam mall.

Lalu, apa perbedaan antara mini 4WD jalur track dan street? Menurutnya, “Keduanya lebih pada spesifikasi unitnya, kalau track unitnya disetting cepat. Sementara street, aturannya menggunakan speed standar,” jelas Rangga, kepada Julajuli.com.

julajuli.com

Komunitas Playon ini merupakan wadah bagi penggemar mobil mainan 4 WD, atau yang dulu dikenal dengan sebutan Tamiya. Aturan penting yang mereka sepakati, boleh menggunakan unit dari merek apapun. Asalkan dinamonya standar, istilah mereka “kotakan.”

Kemudian pembeda lain dari Street Mini 4WD ini, dalam laganya akan dikendalikan oleh pemiliknya dengan berlari mengikuti laju unitnya. “Bagian inilah yang kami sebut olahraga, dan menyenangkan. Kenapa harus menggunakan dinamo standar pabrik, berkaitan dengan kekuatan lari pengemudinya,” tambah pria 37 tahun ini.

“Kami punya motto Run Anywhere, karena medan seperti apapun bisa jadi tantangan bagi Kami. Kami hanya butuh melakukan setting terhadap rasio gigi, untuk mendapatkan torsi yang diharapkan,” urainya.

julajuli.com

Secara periodik komunitas Playon melakukan Run Session. Dalam pertemuan tersebut biasanya saling menjajal keterampilan. Bisa dalam Endurance, Duel atau Time Attach, kadang juga Estafet. Sebelum ada pandemi, pertemuan bisa 3 kali dalam sebulan, kini interaksi lebih banyak dilakukan daring, di www.facebook.com/groups/street4wd .

“Komunitas ini digagas dari Surabaya pada tahun 2017 lalu. Kemudian berkembang, sekarang hampir di semua kota besar terdapat komunitas street mini 4WD. Dulu, yang mulanya kami hanya berdua memulai ini, sekarang anggotanya di Surabaya saja sudah 20 orang,” tutur Rangga lagi.

Ketika ditanya, adakah membutuhkan biaya besar untuk kegemaran ini? Harga unitnya antara 50-180 ribu Rupiah, kondisi standar alias polosan. Untuk accessories, harus merogoh kocek lagi sekira Rp. 200 ribuan. “Kemudian menyediakan stick untuk mengendalikan unit yang melaju. Kami menyebutnya Portable Guide Stick.

julajuli.com

“Tahun 2019 lalu, Kami sudah menggelar turnamen pertama kali, diikuti lebih dari 50 peserta, di Tanggerang – Jawa Barat. Tahun ini sebenarnya sudah diagendakan untuk menggelar turnamen ke-2, bahkan sudah siap diikuti peserta dari luar negeri. Namun karena pandemi covid-19, terpaksa harus kami tunda tahun depan,” urai Rangga.

Rangga mengaku serius mengurus komunitas ini. Beberapa waktu lalu sudah ditawari untuk masuk dalam Federasi Olaharaga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI). Kini mereka lagi mempersiapkan untuk mengurus legal pendirian komunitas Playon-Mini 4WD ke Notaris.

Komunitas ini yakin menebar lebih banyak lagi manfaat, tidak semata memberi fungsi olahraga tetapi juga memberi alternatif aktivitas positif bagi anak dan remaja. “Solusi bagi orang tua agar anaknya tidak ketergantungan akan gadget. Sekaligus menjadi kegiatan positif di luar ruang,” pungkasnya.