Video 3D memang bukan hal yang baru di masyarakat. Namun selama ini kita hanya menjadi peminat karena pembuatan video 3D yang dikenal susah dan membutuhkan banyak peralatan canggih. Semakin berkembangnya teknologi, pembuatan video 3D lebih mudah dengan Automatic 3D Anaglyph Action Camera Holder, salah satu inovasi mahasiswa Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS).

Hanya dengan menggunakan 2 kamera aksi yang dipasang di Automatic 3D Holder, gambar yang dihasilkan otomatis berformat 3D.

julajuli.com

“Automatic 3D Holder dibuat dengan perhitungan sudut seperti mata manusia. Hal inilah yang membuat Automatic 3D Holder menghasilkan video 3D dengan lebih mudah dan murah”, ungkap Ragil Iqbal Tawakkal selaku Ketua Tim, Kamis, (19/7).

Achmad Basuki, M.Kom., Ph.d. sebagai pembimbing tim tersebut mengungkapkan, “Automatic 3D Holder sebagai salah satu solusi anak bangsa untuk mengembangkan kreatifitas untuk pembuatan video 3D tanpa perlu biaya yang mahal”. Sebagai penyempurna, tim ini juga mengembangkan sebuah software untuk 3D video converter bernama 3DER.