Ternyata Surabaya mempunyai Museum Rumah Air lho, City Explorer! Berlokasi di Jalan Basuki Rahmat nomor 119-121, bangunan tersebut merupakan Kantor Pusat PDAM Surya Sembada Kota Surabaya pada tahun 1976-1991. Sebelum berpindah ke Jalan Prof. Dr. Moestopo nomor 2. Tidak banyak yang tahu jika museum ini telah ditetapkan menjadi cagar budaya melalui SK Walikota.

julajuli.com

Dulunya, Rumah Air Surabaya adalah eks markas Badan Keselamatan Rakyat di bawah pimpinan Sungkono. Di depan gedung, City Explorer akan menemukan sebuah prasasti yang bertuliskan : “Tempat ini dulu merupakan Markas Badan Keamanan Rakyat Kota Surabaya di bawah pimpinan Sungkono”.

Berarsitektur modern sekitar tahun 1950-an, di sini City Explorer bisa lebih mengenal dan mendapatkan banyak edukasi tentang air. Khususnya sejarah pengolahan air minum oleh PDAM Surya Sembada Kota Surabaya.

julajuli.com

Yang menarik, di dalam museum terdapat empat bagian yang terbagi ke dalam Manfaat Air, Air di Masa Lalu, Air Saat Ini dan Air di Masa Depan. Masing-masing bagian ditunjukkan melalui warna biru yang berbeda. Gedung dengan luas bangunan 4260 m2 ini selain digunakan untuk Rumah Air Surabaya, juga melayani pelayanan pelanggan untuk customer service, pembayaran rekening, pengaduan dan pasang baru. Untuk sementara, museum belum dibuka untuk umum. Jadi bila ingin mengunjunginya, City Explorer diharuskan melakukan perjanjian terlebih dahulu.